KAMU SEDANG MENCARI BAJU BATIK UNTUK KERJA, KONDANGAN, DAN ACARA FORMAL?

Beli Saja Di Toko Cahaya Senja Yang Sudah Terbukti Memiliki Pelayanan Dan Koleksi Fashion Baju Batik Kualitas Terbaik

Kamu bisa

atau

Keuntungan Belanja di Toko Kami

Cahaya Senja

Kualitas Bahan Terbaik

Pemilihan bahan yang tepat menghasilkan kenyamanan saat dipakai

Harga Terjangkau

Dapatkan Harga yang bersaing di Toko Cahaya Senja

Produk Selalu Update

Produk Kami selalu mengikuti trend terbaru

Pelayanan 24/7

Jangan takut untuk bertanya dan menghubungi kami karena admin kami akan siap melayani kamu selama 24/7 jam

Pengiriman Cepat

Pengiriman di proses setiap hari

Bisa COD

Sistem pembayaran di olshop kami melayani pembayaran lewat Cash On Delivery (COD)

Untitled-21

Hot Products

Terlaris

Blouse

Baju Batik Wanita

Hem/Kemeja

Baju Batik Pria

Koko/Baju Takwa

Busana Muslim Pria

Koko Distro

Ramadan Offer

Ragu dengan kualitas produk kami? Coba lihat reputasi toko kami di Shopee dan Lazada

Real Review Pelanggan Shopee
Real Review Pelanggan Lazada

Hubungi Kami

Cahaya Senja

0895-3580-33114

Hari Kerja: 10 AM - 9 PM
Hari Libur: 11 AM - 2 PM

Buaran, Pekalongan, Jawa Tengah

Belanja Online dengan Berbagai Promo Menarik & Diskon di Online Shop CAHAYA SENJA OUTFIT

Anda tidak perlu repot pergi ke toko pakaian batik, saat ini Anda bisa membeli baju batik wanita dengan mudah di Cahaya Senja Outfit. Cahaya Senja Outfit menawarkan berbagai produk busana batik wanita dengan berbagai pilihan motif.

Saat ini Anda bisa membeli berbagai produk busana batik wanita dengan mudah di Cahaya Senja Outfit, misalnya atasan batik, baju batik wanita, blus, blouse, baju batik pria, kemeja batik. Anda bisa membeli berbagai jenis pakaian batik wanita dan pria dengan mudah di Cahaya Senja Outfit dengan smartphone dan gadget yang terhubung ke internet.

Baju Batik Asli Pekalongan

Sejarah batik Indonesia mulanya berasal dari peninggalan nenek moyang masyarakat Jawa. Batik merupakan warisan yang telah dinobatkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi pada September 2009 lalu. Pengakuan ini diumumkan secara resmi pada sidang UNECO di Abu Dhabi. Saat ini setiap tanggal 2 Oktober semenjak 2009 lalu sudah dikenal sebagai Hari Batik Nasional, yang mana bentuk sebuah pengakuan. Secara teknik, batik Indonesia dinilai kental dengan simbol dan budaya yang terkait erat dengan kehidupan masyarakat itu sendiri.

Dengan begitu, batik asli dari Indonesia ini tidak dapat diklaim oleh negara lain. Sebab sebelumnya batik pernah diklaim sebagai warisan budaya negara lain. Batik Indonesia telah dikenal luas di seluruh penjuru dunia. Tidak hanya terkenal oleh orang-orang Jawa, batik itu sendiri telah menyebar di semua pulau yang ada di Indonesia. Baju yang memiliki motif batik juga bukan lagi hanya digunakan oleh orang Jawa. Sekarang kain batik sudah dianggap pakaian resmi yang pas untuk digunakan dalam acara apapun.

Bahkan tidak hanya kaum bangsawan, anak muda di seluruh Indonesia juga sering memakai baju bermotif batik. Bila dilihat dari awal, sejarah batik bermula pada abad ke-17 Masehi. Ketika itu batik masih ditulis dan dilukis hanya pada daun lontar dan papan pada rumah adat. Motif batik itu sendiri juga belum berfariasi. Corak dan motifnya masih dominan dengan bentuk hewan dan tanaman. Para pengerajin batik juga masih sedikit. Waktu itu membuat batik hanya dianggap sebagai kesenangan pengerajin sendiri.

Pada perkembangannya, sejarah dari batik itu sudah menarik perhatian dari Kerajaan Majapahit. Ketika itu pembuatan batik telah berkembang. Bahan yang mulanya dari kulit dan sebagainya berganti menjadi kain putih atau kain yang berwarna terang. Sebab dari kain putih itu sendiri motif yang didapatkan lebih tahan lama dan dapat digunakan untuk penggunaan yang lebih luas. Motifnya juga tidak hanya berkisar pada hewan dan tumbuhan saja.

Namun sekarang berbagai motif seperti motif awan, motif abstrak, motif candi, motif wayang dan lain sebagainya, telah digunakan pada zaman itu, yakni waktu berdirinya Kerajaan Majapahit. Bermula sejarah batik tersebut, akhirnya menyebar luas ke penjuru kerajaan lain. Karena terkenalnya batik itu, akhirnya para pembesar dari Kerajaan Mataram, Kerajaan Majapahit, Kerajaan Demak dan kerajaan-kerajaan sesudahnya menggunakan batik sebagai simbol budaya. Namun pada saat Islam datang dan telah mempengaruhi banyak dari masyarakat, motif batik yang berbentuk binatang ditiadakan. Sebab kain batik yang bergambar binatang dianggap menyalahi syariat Islam.

Sehingga motif tersebut telah dihapus dan ditiadakan. Kecuali bila pembuatannya disamarkan menggunakan gambar motif lain. Sejarah perkembangan batik tidak berhenti disitu saja, sebab pada masa sekarang, batik tidak hanya dijadikan sebagai corak pakaian saja. Banyak dari pernak-pernik perlengkapan atau aksesoris yang biasa dipakai masyarakat sekarang seperti sepatu, dasi, tas dan helm sudah menggunakan batik sebagai motif utama. Bahkan baju kedinasan, seragam sekolah, seragam guru dan lain sebagainya memakai motif batik. Sebab motif dari batik lebih bebas dan mempunyai nilai budaya yang membuat batik memiliki nilai tersendiri.

Memilih Baju Batik Wanita Modern

Mungkin Anda beranggapan batik identik dengan kota Yogyakarta atau Solo, padahal banyak kota di Indonesia yang juga terkenal sebagai penghasil batik, seperci Cirebon. Bahkan kota Batik itu bukan Yogyakarta atau Solo, melainkan Pekalongan. Batik juga adalah warisan budaya di kota lain di Indonesia seperti daerah-daerah di Sumatra dan Sulawesi. Dengan berjalannya waktu, setiap daerah memiliki motif atau corak batiknya masing-masing yang khas dan mewakili budaya daerah tersebut.

Perkembangan macam corak batik juga dipengaruhi oleh budaya luar yang dibawa oleh pedagang asing zaman dahulu. Sebenarnya batik merupakan teknik atau kerajinan menggambar dan mewarnai kain yang akan dipakai untuk membuat pakaian. Oleh karena itu, kain batik sangat mungkin diaplikasikan untuk baju dengan model apa saja, tidak terkecuali model pakaian modern. Anda tetap dapat tampil kekinian dengan menggunakan kain tradisional ini. Batik juga bisa Anda gunakan saat ke kantor. Untuk mengenakan batik ketika pergi ke kantor, sebaiknya Anda melihat tips di bawah ini, agar tampilan Anda semakin menawan.

Sesuaikan Batik Dengan Bentuk Tubuh Anda

Menyesuaikan potongan pakaian dengan bentuk tubuh itu sangat penting. Ini adalah langkah awal dalam berpenampilan menarik dan pas di kantor. Bentuk badan yang langsing atau sedang mungkin tidak terlalu repot dalam mencari model baju batik modern wanita. Akan membutuhkan ketelitian dan kreatifitas lebih ketika tubuh Anda berisi atau terlalu kurus. Pilihan ukuran dan potongan pakaian harus benar-benar diperhatikan.

Bahan Batik yang Tepat

Batik dapat diaplikasikan ke beberapa jenis kain, karenanya ada banyak kain batik dengan bahan yang berbeda. Aneka ragam kain tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pilihlah jenis bahan dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan. Pikirkan kembali saat ingin menggunakan pakaian berbahan sutra. Bahan ini menampilkan kesan mewah dan lebih pas digunakan ketika pesta, bukan di situasi kerja. Kenyamanan adalah hal utama walaupun sedang bereksperimen dengan model baju batik modern wanita. Terlebih ketika bekerja, jika tidak nyaman pakaian akan mengganggu kerja Anda.

Desain Batik yang Sesuai Dengan Situasi Kerja, Acara dan Santai

Bila telah memilih bahan yang tepat, sesuaikan juga desain busana dengan kondisi pekerjaan Anda. Akan percuma bila bahannya baik dan nyaman, namun desain pakaiannya malah kurang memberi kenyamanan dalam beraktivitas. Model pakaian batik untuk kerja kantoran sebaiknya sederhana saja namun tetap elegan. Jangan malah memakai model baju batik modern untuk pesta perayaan pernikahan atau ulang tahun.

Bagikan ini:

Konten yang anda salin memiliki hak cipta.