Cara Mudah Memulai Bisnis Online dengan Tokodistributor

Cara Mudah Memulai Bisnis Online dengan Tokodistributor – Harga Grosir Tanpa Minimum Order

Tren Bisnis Online di Indonesia

Seiring perkembangan teknologi di Indonesia, masyarakat kini memanfaatkan teknologi untuk memenuhi kebutuhan dengan jual beli secara online. Dengan bermodalkan smartphone, laptop atau komputer asalkan di situ ada jaringan internet, proses transaksi jual beli bisa terjadi tanpa adanya tatap muka atau pertemuan secara fisik. Bahkan bisnis offline yang di dalamnya terjadi pertemuan fisik antara konsumen dan penjual seperti pariwisata, kedai kopi, barber shop, atau bahkan konter pulsa, memerlukan online presence/kehadiran secara online melalui sosial media ataupun website untuk menggaet konsumennya.  Apalagi yang jelas-jelas bisnis online, untuk menggaet konsumen dibutuhkan segudang taktik dan strategi dari marketing, copywriting, accounting sampe kriting karena persaingan bebas dari hiruk pikuknya pelaku bisnis online yang ada di Indonesia.

Bagi yang belum, sedang belajar, atau sedang memulai bisnis online, kiranya saat ini – di tengah pandemi dan melesatnya tren bisnis online di Indonesia – adalah sebuah tantangan sekaligus peluang yang besar. Menurut data survey yang dilakukan oleh ADB, sebanyak 50% UMKM di Indonesia mengalami gulung tikar selama pandemi. Disinyalir salah satu penyebabnya adalah banyak dari UMKM tersebut tidak bisa beroperasi secara normal karena adanya kebijakan physical distancing serta tidak mampu beradaptasi untuk mengembangkan bisnisnya secara online dengan berbagai latar alasan, sehingga banyak UMKM mengalami kerugian hingga gulung tikar. Namun di sisi yang lain, terdapat pula pelaku usaha yang mampu bertahan bahkan meraup keuntungan berlipat dengan beradaptasi dan mengembangkan bisnisnya secara online.

Tantangan dan Peluang Bisnis Online

Pepatah dari Kampung Kapuk telah berkata ‘Di mana ada tantangan di situ pula terdapat peluang!’. Sama halnya pada saat ini, atau barangkali pembaca merasakan yang sedemikian pula, di saat pelaku bisnis – apa pun bisnisnya – dituntut dan ditantang untuk bisa menguasai dua dunia, offline dan online. Maka di situ pula terdapat sebuah peluang. Bisakah Anda membaca peluang tersebut? Jika iya, tolong whatsapp saya supaya saya juga tahu.

Tidak diragukan lagi, bisnis online mempunyai peluang yang sangat besar. Dengan bermodal smartphone dan jaringan internet, Anda bisa memasarkan produk Anda (atau produk orang tapi Anda yang jual/produk orang, anda yang jual tapi yang ngirim orang tersebut) kepada pelanggan tanpa batasan geografis. Dengan keuntungan tersebut, Anda bisa saja mendapatkan pelanggan dari Sabang sampai Merauke bahkan luar negeri. Terdengar simpel dan mudah, semuanya niscaya jika Anda mempunyai tekad, komitmen, bersungguh-sungguh serta telaten. Tidak ada yang mustahil.

Cara Mudah Memulai Bisnis Online dengan Tokodistributor

Berkaitan dengan hal tersebut yakni kampung kapuk, maksud saya bisnis online, ada sebuah marketplace yang bisa menjawab tantangan sekaligus menawarkan peluang bagi Anda yang akan atau sedang menjalankan bisnis online. Ia adalah Tokodistributor, sebuah marketplace B2B (bussiness to bussiness) yang menyediakan berbagai produk keperluan dengan harga grosir dari supplier tangan pertama tanpa minimum order. Dan sesuai namanya, Marketplace ini sangat welcome dengan para distributor entah itu reseller atau dropshipper.

Dengan harga terbaik yang ditawarkan oleh Tokodistributor, Tokodistributor menjawab tantangan tren bisnis dan membuka peluang sukses untuk para pelaku bisnis. Dalam menjalankan bisnis, pelaku bisnis membutuhkan cukup koneksi untuk menemukan supplier yang cocok, riset harga dan stok, serta modal yang cukup. Tokodistributor bisa menjadi solusi itu semua tidak terbatas hanya bagi para pelaku bisnis online dengan sistem penjualan resell/dropship namun juga pelaku bisnis offline, seperti halnya toko offline yang ingin restock produk.

Untuk mengenal lebih jauh bagaimana Tokodistributor bekerja, mari mulai dari pertanyaan “Apa itu Tokodistributor?

Tokodistributor Belanja Grosir Tanpa minimum order dan bisnis online

Apa itu Tokodistributor?

Malu aku malu

pada semut merah

Yang berbaris ding ding ding

Membuatku dung dung dung

Walaupun tidak ada hubungan antara lagu Alm. Crisye tersebut dengan apa yang kita bahas, namun sebenarnya ada lho.

logo tokodistributor
Logo Tokodistributor

Seperti telah sedikit disinggung di atas, Tokodistributor adalah sebuah marketplace (platform jual beli) B2B (bussiness to bussiness) yang menyediakan berbagai produk keperluan dengan harga grosir dari supplier tangan pertama tanpa minimum order. Disebut B2B, karena Todi (panggilan keren marketplace dengan maskot logo semut merah ini) mempertemukan produsen/supplier/orang atau badan yang mempunyai hak untuk menjual produk dengan harga grosir dengan distributor baik reseller atau dropshipper. Di sini lah letak perbedaan Tokodistributor dengan marketplace lainnya.

B2B System

Marketplace yang mempunyai Founder sekaligus CEO bernama Tony Kho ini mempunyai taglineHarga Grosir Tanpa Minimum Order” yang bisa Anda buktikan dengan meng-install aplikasinya di playstore, karena terbukti harga yang tertera pada produk tidak berubah/tidak naik setelah checkout secara satuan. Hal ini juga menunjukkan Tokodistributor tidak hanya cocok untuk expert seller saja, namun juga untuk beginner/pemula. Hal ini menguntungkan bagi para pemula yang biasanya masih mengetes minat pasar (ngetes ombak) yang notabene masih membutuhkan produk yang sedikit dan akan terbebani dengan minimum order. Aplikasi Tokodistributor kini juga tersedia di appstore.

App Tokodistributor yang pertama kali dirilis pada Tanggal 25 Juli 2018 memiliki UI/UX yang simpel, dan mudah digunakan. Dilengkapi dengan metode pembayaran yang mudah karena sudah berkolaborasi dengan DANA E-Wallet dan bisa juga dengan transfer ke rekening BCA atau ke virtual account BNI. Berbagai produk mulai dari fashion, gadget, elektronik, perlengkapan hobi dan olahraga hingga aksesoris bisa Anda temukan di sini.

Bagaimana? Apakah sudah Anda tertarik menjadi reseller/dropshipper di Tokodistributor atau mau coba dulu saja? Atau justru barangkali Anda ingin menjadi supplier karena kebetulan Anda adalah produsen yang sedang mencari orang yang bisa mendistribusikan produk Anda?

Menjadi Supplier di Tokodistributor

Untuk menjadi supplier, Anda bisa memulai dari mendownload aplikasi Supplier Tokodistributor di playstore atau appstore terlebih dahulu. Setelah Anda meng-install dan mengisi informasi diri sesuai alur, Anda bisa mulai menjual produk Anda. Berikan harga terbaik kepada reseller/dropshipper agar harga stabil hingga ke konsumen.

Foto dan deskripsi produk akan sangat penting sekali, karena bahan tersebut akan digunakan kembali oleh reseller dan dropshipper. Maka, usahakan foto produk jelas dan lengkap dan deskripsi ditulis secara rinci. Dan tak kalah penting setelah Anda upload produk adalah untuk mengecek stok produk secara berkala untuk menghindari kegagalan pemesanan. Maksudnya, jika stok produk habis namun dalam app masih tersedia (belum dikosongkan), maka reseller masih bisa melakukan pemesanan namun supplier tidak bisa mengirim sehingga terjadi kegagalan. Memang tanggung jawab sebagai supplier besar karena jika ada kesalahan bisa berimbas kepada penjual dan konsumen yang kecewa.

Seharusnya jika Anda benar-benar supplier, entah produsen atau pihak yang diberikan wewenang untuk menjual produk dengan harga tangan pertama lalu anda menawarkan yang terbaik maka bisnis Anda akan berjalan baik-baik saja. Jadi, jangan takut tidak menemukan penjual.

Lebih lanjut, silahkan baca Syarat dan Ketentuan yang Berlaku untuk supplier Tokodistributor. Tokodistributor berhak memberikan saran kepada supplier yang memasang harga terlalu tinggi dan tidak sesuai dengan visi misi Tokodistributor, dan jika supplier mengabaikan saran tersebut maka pihak Tokodistributor berhak menonaktifkan produk terkait.

Menjadi Reseller/Dropshipper di Tokodistributor

Untuk menjadi reseller/dropshipper di Tokodistributor yang kamu perlukan pertama kali adalah mendownload app Tokodistributor dan registrasi akun.  Untuk langkah-langkah lebih lengkap bisa dibaca pada artikel terkait karena di sini akan kami bahas poin yang paling penting saja.

BACA JUGA:

Apa yang ingin Anda jual?

Sebagai reseller/dropshipper, tentunya Anda mempunyai gambaran tentang produk apa  yang bisa Anda jual, jikalau Anda belum tahu maka Anda bisa melakukan riset terhadap permintaan pasar, minat konsumen, serta peluang-peluang yang bermunculan pada sasaran market Anda. Ambillah contoh Anda akan berjualan Jam Tangan Seiko KW karena Anda menarget pangsa pasar yang tidak terlalu mementingkan merk dan kualitas atau ‘asal harga murah langsung sikat’. Maka Anda mengkalkulasikan harga jam tangan tersebut di Tokodistributor, semisal harga 25 ribu dan harga pasar katakanlah 50 ribu. Jadi setiap penjualan satu jam tangan saja, Anda bisa mendapat untung 25 ribu. Ini hanya contoh jika Anda ingin berjualan Jam Seiko KW, jika Anda ingin jualan jam tangan Seiko Ori yang harganya jutaan juga sah-sah saja. Sebagai informasi, untuk membedakan produk ori dan tidak di Tokodistributor, terdapat badge sebagai indikator pembantu di bawah nama dan harga produk seperti di bawah ini.

jam tangan dziner ori tokodistributor

Badge Ori 100% menunjukkan Jam tangan Dziner tersebut Orisinil 100%. Pada gambar tersebut juga terdapat badge indikator lain seperti Badge Dropship  yang menunjukkan produk ini bisa didropship dan Badge Garansi untuk jaminan bila ada kerusakan atau salah kirim.

Memilih Supplier

Lalu sebagai reseller/dropshipper, Anda perlu menyeleksi supplier mana yang cocok, amanah, dan terpercaya. Jika ada produk dengan harga mahal itu bukan kesalahan Tokodistributor, barangkali produk tersebut belum direview/sedang direview/sedang menunggu proses saran perubahan harga oleh Tim Tokodistributor. Perlu dingat bahwa pendaftaran menjadi supplier sangat mudah, sehingga siapa saja bisa menjadi supplier dan memasang harga sesuka hati. Untuk menemukan supplier yang terpercaya, Anda perlu selektif dan jangan sungkan-sungkan untuk mengirim chat kepada supplier untuk bertanya-tanya lebih lanjut, cek juga bila supplier memiliki sosial media, website atau google my bussiness.

Cara Memasarkan Produk

Setelah menemukan supplier pilihan Anda, kini Anda hanya perlu membuat toko. Toko tidak harus fisik, walaupun boleh juga. Anda bisa berjualan di marketplace lain, membuat online shop di IG atau FB, atau pun membuat toko dengan website dengan WooCommerce. Sedangkan untuk pemasaran Anda bisa memasarkan produk yang Anda jual lewat sosial media, endorsement, pasang iklan, bahkan boleh melakukan pemasaran offline dengan menawarkan produk Anda kepada teman dan kolega. Terdapat fitur download foto/video serta salin deskripsi yang memudahkan para reseller dan dropshipper dalam memasarkan dan menjual produknya.

Hore! Saya Dapat Orderan.

Setelah menemukan pelanggan dan ada order, jangan bingung. Anda tinggal memesan produk yang diorder oleh konsumen Anda lalu checkout dan bayar sesuai harga yang ditagihkan. Pembayaran di tokodistributor pun mudah, bisa melalui Dana E-Wallet, transfer BCA atau Virtual Account BNI. Dan jika Anda adalah dropshipper, silahkan centang bagian yang bertuliskan ‘dropshipper atau alamat lain’ yang terletak di bawah alamat pengiriman lalu masukkan alamat konsumen Anda secara lengkap, lalu checkout dan bayar sesuai tagihan. Nanti yang mengurus pengiriman produk ke konsumen adalah supplier. Mudah bukan?

cara mengirmi dropship ke alamat konsumen tokodistributor

Kesimpulan setelah berkenalan dengan Tokodistributor

Kesuksesan dalam berbisnis online bukan hanya mengandalkan platform-nya saja, namun tidak terlepas dari komitmen pelakunya serta kualitas dari usaha yang ia berikan. Ibarat menanam tanaman, tanah yang subur bukan satu-satunya faktor penentu pada suburnya tanaman. Namun diperlukan juga juga bibit yang unggul, perawatan yang baik sehingga tanaman menjadi subur tanpa hama. Begitu pula berbisnis online, Jika Anda malas-malasan dan serampangan dalam berbisnis dengan sistem yang bagus dan fitur yang memudahkan yang ditawarkan oleh Tokodistributor sekalipun, maka niscaya Anda LDR dengan kesuksesan. Jadi, kesuksesan itu kembali pada diri kita masing-masing sebagai pelaku nyata dari sebuah bisnis.

Setelah di-breakdown, dapat disimpulkan bahwa di dalam Tokodistributor, terdapat tiga jenis user. Ada supplier, reseller dan dropshipper serta tidak menutup kemungkinan ada konsumen biasa yang mengincar harga miring. Kesemuanya berkumpul, saling berinteraksi sehingga membentuk sebuah ekosistem bisnis.

Sudahkah Anda tentukan jalan bisnis Anda dan bagaimana cara bisnis Anda berjalan? Semua bisa dilakukan. Semua terserah Anda. Karena jalan sukses Anda, Anda yang menentukan sendiri. Semoga tulisan ini bermanfaat.

#SocialCommerce #blogcompetition #Tokodistributor

Cara Mudah Memulai Bisnis Online dengan Tokodistributor

Tinggalkan Komentar

Kembali ke Atas
Konten yang anda salin memiliki hak cipta.