Kirim Tulisan Kamu di insantri.com Sebar Ilmu dan Manfaat Lebih Luas

Kirim Tulisan Kamu Yuk, Santri

santri menulis user generated content guest post kirim tulisan

Hi, Santri. Kamu punya unek-unek, inspirasi, atau pun keresahan? Tuangkan saja dalam bentuk tulisan lalu kirimkan ke insantri.com melalui halaman Santri Menulis. Tulisanmu bisa dipublikasikan dan dibaca banyak orang lho. Kirim tulisan kamu sekarang yuk. Tapi baca dulu ya syarat dan ketentuannya.

Berdakwah dengan menulis

Pada zaman serba digital ini, banyak orang mengakses informasi melalui internet termasuk juga mengakses konten Islami. Keberagaman konten Islami yang disuguhkan media internet tidak terfilter sehingga banyak pula tulisan atau konten Islami yang tidak memiliki sumber yang jelas, melenceng bahkan cenderung menyesatkan.

Hal ini menjadi keresahan saat ini karena konten Islami banyak ditulis oleh pihak yang tidak mendalami keilmuan Islam dan media-media yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan Islam, lalu masyarakat (pengguna internet) mau tidak mau melakukan badzlu al-umur li ghairi ahliha (menyerahkan urusan kepada selain ahlinya). Bukankah ini sama saja dengan menyerahkan urusan sepak bola kepada pemain ping pong?

Peran Santri di Era Digital

Peran santri sungguh urgen dalam menghadirkan konten islami yang bermanfaat, tentunya dengan sumber yang jelas dan dapat dipertanggung jawabkan. Hal ini karena santri merupakan punggawa terakhir dan penerus yang akan menerima tampuk tanggung jawab dalam dakwah Islam yang berhaluan Ahl a-Sunnah wa al-Jama’ah. Menulis konten Islami di Internet bisa jadi mempunyai dampak yang lebih luas dibandingkan sekedar dakwah yang dilakukan di surau dan masjid. Berdakwah secara online menjadi suatu keniscayaan dan keharusan bagi penerus perjuangan ulama.

Menulis sebagai investasi akhirat

Menulis bisa menjadi bernilai ibadah dan menjadi modal investasi di akhirat karena amal yang tidak putus pahalanya salah satunya adalah ilmu yang bermanfaat. Dengan menulis konten islami/konten santri yang bermanfaat, kamu bisa mendapatkan akhiratcurrency / pahala yang yang tidak putus-putus, tanpa keluar rumah dan tanpa biaya sepeser pun.

Mari bergabung, kirim tulisan kamu, sebarkan ilmu walaupun hanya ‘satu ayat’. Semakin banyak tulisanmu yang bermanfaat insyaallah semakin banyak pula pahalanya. Aamiin.

Konten apa saja yang bisa kamu tulis?

Insantri.com dengan niat tulus memfasilitasi kamu para sahabat santri yang gemar menulis. Kamu bisa mengirimkan artikel atau tulisan baik yang sifatnya berat, sedang, ringan maupun yang menghibur. Konten yang diterima insantri.com antara lain:

  • Pembahasan mengenai ilmu kedisiplinan di Pondok Pesantren (Nahwu, Shorof, Balaghoh, Fiqh, Ushul Fiqh, Ilmu Tafsir, Ilmu Falak dll)
  • Opini Santri (essai bebas mengenai fenomena kekinian dengan perspekstif atau kaca mata santri)
  • Informasi/berita mengenai dunia pondok pesantren, santri atau keislaman.
  • Tutorial, tips, how to (tulisan mengenai cara melakukan sesuatu dalam konteks Islam)

Syarat & Ketentuan

Syarat dan ketentuan dalam mengirimkan tulisan adalah sebagai berikut:

  1. Penulis adalah santri baik masih bermukim di pondok pesantren maupun yang sudah alumni.
  2. Tulisan belum pernah diterbitkan di media lain, pastikan tulisan bersifat orisinil dan unique.
  3. Fokus tulisan belum pernah dibahas di insantri.com sebelumnya.
  4. Untuk tulisan yang membutuhkan dalil atau referensi harap cantumkan.
  5. Tulisan berjumlah 300-1200 kata.
  6. Hak Cipta tetap menjadi kepemilikan Penulis, Insantri.com hanya memiliki hak siarnya saja.
  7. Dilarang merendahkan, menghina, dan menjatuhkan SARA.

Perlu diperhatikan

  • Tulisan yang kamu kirim akan dimoderasi dan direview oleh Tim Redaksi Insantri.com dan Tim Redaksi berhak menentukan tayang atau tidaknya sebuah tulisan;
  • Tim Redaksi berhak mengedit dan dan mengubah seperlunya pada bagian yang perlu diedit;
  • Boleh menautkan link ke website pribadi (backlink) sebanyak dua buah untuk setiap tulisan.
  • Tidak boleh mengirim karya tulisan ke insantri.com dan media lain secara bersamaan;
  • Boleh menayangkan tulisan kamu yang sudah ditayangkan di insantri.com ke media lain karena pada dasarnya tulisan tersebut merupakan hak milik kamu. Namun dengan syarat tulisan tersebut sudah tayang di insantri.com selama 10 hari dan dengan mencantumkan atribusi link ke insantri.com sebagai media pertama dan sumber utama tulisanmu;
  • Setelah submit tulisan harap cek emailmu secara berkala, karena akan ada pemberitahuan ketika tulisanmu berhasil tayang;
  • Namun jika dalam satu minggu (7 hari) setelah submit tulisan tidak ada pemberitahuan, maka mohon maaf ya, karena tulisanmu belum bisa diterima nih dan tulisanmu perlu diperbaiki, kamu boleh submit ulang tulisanmu lagi dalam keadaan sudah direvisi;
  • Dengan mengirimkan tulisan ke insantri.com, berarti kamu menyetujui semua syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Kriteria Bobot Tulisan

Kriteria dalam penerimaan tulisan dan penentuan bobot tulisan meliputi hal berikut:

1. Keyword Volume Search

Keyword Search Volume adalah seberapa banyak sebuah kata kunci dicari di mesin pencarian.

2. SEO Friendly

Tulisanmu sesuai dengan pedoman SEO (Search Engine Optimization), salah satunya adalah tulisanmu memiliki kata kunci yang tersebar secara pas dalam komposisi tulisanmu.

3. Harmonisasi Antar Paragraf

Keharmonisan antar paragraf akan mebuat tulisan mudah dipahami dan nyaman untuk dibaca sampai selesai.

4. Kekuatan hujjah/dalil/referensi

Kekuatan hujjah, dalil dan referensi membuat tulisan semakin kredibel dan bisa dipertanggung jawabkan.

5. Kekreatifan/Keunikan/keberanian konten

Kriteria ini merupakan kriteria khusus. Semakin kreatif, unik atau berani sebuah tulisan (dari segi tema, topik dan pembahasan), maka akan semakin besar peluang diterimanya.

Tulisan yang masuk akan dinilai langsung oleh Tim Redaksi insantri.com dengan panduan kriteria yang telah disebutkan di atas.

Pertanyaan terkait bisa ditanyakan ke Halaman Facebook insantri.com atau gabung ke Channel Telegram insantri.com

Syarat dan Ketentuan bisa saja berubah sewaktu-waktu. Pastikan tetap terhubung dengan kami

Tinggalkan Komentar