Mengenal Isim Maqshur, Isim Mamdud, dan Isim Manqush – Nahwu Shorof

Sebelum kita membahas apa itu isim maqshur, isim mamdud, dan isim manqush, alangkah lebih baik jika kita pahami dulu poin penting pada pembahasan kali ini.

Dilihat dari segi huruf akhir, Isim dibagi menjadi 2 bagian, yakni isim shohih dan isim mu’tall. Hal ini karena melihat apakah huruf terakhir dari sebuah isim berupa huruf illat atau tidak, berupa alif mamdudah atau tidak.

pembagian isim shohih, isim mu'tall, isim mamdud, isim maqshur, isim manqush

Perlu diketahui bahwa huruf illat adalah huruf yang dianggap sebagai kekurangan/penyakit sehingga perlu di-i’lal/diperbaiki. Adapun huruf illat terdiri dari ya’ dan wawu.

Daftar Isi

Isim Shohih Akhir (صَحِيْحُ الْآخِرِ)

Isim shohih akhir adalah isim yang huruf terakhirnya bukan berupa huruf illat atau alif mamdudah, sehingga ia dikatakan shohih (sehat) huruf terakhirnya.

Contoh dari isim shohih akhir adalah sebagai berikut:

الرَّجُلُ

الْمَرْأَةُ

الْكِتَابُ

الْقَلَمُ

Selain itu, masih ada istilah lain yakni isim syibh shohih akhir (شبه الصحيح الآخر) yang mirip dengan shohih akhir hanya saja huruf terakhirnya adalah huruf illat dan huruf sebelum akhirnya dibaca sukun.

:نحو

دَلْوٌ

ظَبْيٌ

هَدْيٌ

سَعْيٌ

Isim-isim di atas disebut sebagai syibh shohih akhir atau ‘yang menyerupai shohih akhir’ karena huruf terakhirnya bisa memperlihatkan ketiga harakat sebagaimana yang terjadi pada isim shohih akhir.

:نحو

رَأَيْتُ ظَبْيًا يَشْرَبُ مِنْ دَلْوٍ

Aku melihat rusa minum dari timba

Isim Mu’tall Akhir (مُعْتَلُّ الْآخِرِ)

Isim mu’tall akhir memiliki tiga jenis antara lain: isim maqshur, isim mamdud dan isim manqush.

Isim Maqshur (الْإِسْمُ الْمَقْصُوْرُ)

Isim maqshur adalah isim mu’rob yang huruf akhirnya berupa alif tsabitah/lazimah (yang tetap), baik penulisannya dengan bentuk alif maupun ya’.

:نحو

العَصَا

الفَتَى

Dari segi i’rob, isim maqshur tergolong pada isim mu’rob dengan i’rob yang di-taqdir-kan. Sehingga perubahan alamat i’robnya tidak terlihat secara lafadh.

:نحو

جَاءَ الْفَتَى

Seorang pemuda telah datang

رَأَيْتُ الْفَتَى

Aku telah melihat seorang pemuda

مَرَرْتُ بِالْفَتَى

Aku telah berjalan dengan seorang pemuda

Pada contoh pertama ‘الْفَتَى’ dibaca rofa’ dengan alamat dlummah muqaddarah, lalu pada contoh kedua ‘الْفَتَى’ dibaca nashab dengan fathah muqaddarah, sedangkan pada contoh ketiga ‘الْفَتَى’ dibaca jarr dengan kasrah muqaddarah.

Alif Maqshurah – Alif pada Isim Maqshur

Alif pada isim maqshur  disebut pula dengan alif maqshurah. Alif maqshurah tidaklah bersifat asli dan juga tidak permanen, melainkan ia ada yang bersifat  munqalabah (pergantian) dan mazidah (tambahan).

Yang dimaksud dengan alif maqshurah bersifat munqalabah adalah alif tersebut merupakan pengganti dari huruf wawu atau pun ya’.

Contoh dari yang munqalabah dari wawu adalah:

الْعَصَا

Contoh dari munqalabah dari ya’ adalah:

الْفَتَى

Hal ini bisa dilihat dari bentuk tatsniyah kedua isim tersebut, yakni: ‘الْعَصَوَانِ’ dan ‘الْفَتَيَانِ’.

Adapun yang dimaksud dengan alif maqshurah bersifat mazidah adalah alif tersebut merupakan tambahan yang ditambahkan karena me-muannats-kan atau pun menyamakan.

Contoh alif maqshurah yang mazidah karena li at-ta’nits (me-muannats-kan) adalah:

حُبْلَى

عَطْشَى

ذِكْرَى

Asal kalimat-kalimat tersebut yakni dari ‘حَبْلٌ’, ‘عَطْشٌ’, dan ‘ذِكْرٌ’.

Contoh alif maqshurah yang mazidah karena li al-ilhaq (menyamakan) adalah:

أَرْطَى

‘أَرْطَى’ di-ilhaq-kan (disamakan) dengan ‘جَعْفَرُ’.

ذِفْرَى

‘ذِفْرَى’ di-ilhaq-kan dengan ‘دِرْهَمٌ’.

Cara Penulisan Alif Maqshurah

Apabila isim maqshur berjumlah tiga huruf, maka alif maqshurah ditulis dengan bentuk alif jika ia berasal dari wawu,

الْعَصَا

الْعُلَا

الرُّبَا

dan ia ditulis dengan bentuk ya’ jika ia berasal dari ya’.

الْفَتَى

الْهُدَى

النَّدَى

Lalu apabila isim maqshur berjumlah empat huruf atau lebih, maka alif maqshurah hanya ditulis dengan bentuk ya’.

الْبُشْرَى

الْمُصْطَفَى

الْمُسْتَشْفَى

Ketika isim maqshur dibaca tanwin, alif maqshurah dihapus dari segi lafadh (tidak terbaca) dan tetap dari segi tulisan.

:نحو

كُنْ فَتًى يَدْعُو إِلٰى هُدًى

Jadilah pemuda yang mengajak pada petunjuk

Dua Macam Isim Maqshur: Qiyasiy dan Sama’iy

Isim maqshur dibagi menjadi dua macam, yakni: Qiyasiy dan Sama’iy.

Isim Maqshur Qiyasiy (الْإِسْمُ الْمَقْصُوْرُ الْقِيَاسِيُّ)

Isim maqshur qiyasiy terdiri dari isim-isim yang mu’tall akhir dan berada di 10 tempat, antara lain:

  1. Mashdar fiil lazim yang berwazan ‘فَعِلَ’, mashdar ini ada yang menganut wazan ‘فَعَلٌ’, seperti: ‘جَوِيَ – جَوًى’, dan ada yang menganut wazan ‘فِعَلٌ’, seperti: ‘رَضِيَ – رِضًى, غَنِيَ – غِنًى’.
  2. Isim yang menganut wazan ‘فِعَلٌ’ karena menjadi jama’-nya isim berwazan ‘فِعْلَةٌ’, seperti: ‘مِرًى’ jama’-nya ‘مِرْيَةٌ’ dan ‘حِلًى’ jama’-nya ‘حِلْيَةٌ’.
  3. Isim yang menganut wazan ‘فُعَلٌ’ karena menjadi jama’ dari isim berwazan ‘فُعْلَةٌ’, seperti: ‘عُرًا’ jama’ dari ‘عُرْوَةٌ’, ‘مُدًى’ jama’ dari ‘مُدْيَةٌ’, dan ‘دُمًى’ jama’ dari ‘دُمْيَةٌ’.
  4. Isim yang mengikuti wazan ‘فَعَلٌ’dimana ia tergolong asmaul ajnaas/isim jins (أسماء الأجناس) yang menunjukkan makna jama’ ketika tanpa ta’ dan yang menunjukkan makna wahdah (satuan) ketika disertai ta’. Contohnya seperti: ‘حَصَاةٌ’ (sebuah akal), ‘حَصًى’ (akal-akal), ‘قَطَاةٌ’ (burung ‘qath’), dan ‘قَطًا’ (burung-burung ‘qath’).
  5. Isim maf’ul yang fiil madli-nya berasal dari tiga huruf, seperti: ‘مَعْطًى’, ‘مُصْطَفًى’, dan ‘مُسْتَشْفًى’.
  6. Mashdar, isim zaman atau isim makan yang mengikuti wazan ‘مَفْعَلٌ’, seperti: ‘الْمَحْيَا’, ‘الْمَأْتَى’, dan ‘الْمَرْقَى’.
  7. Isim alat yang mengikuti wazan ‘مِفْعَلٌ’, seperti: ‘الْمِكْوَى’, ‘الْمِهْدَى’, dan ‘الْمِرْمَى’.
  8. Isim shifat yang mengikuti wazan ‘أَفْعَلُ’ baik isim tafdhil, seperti: ‘الْأَدْنَى’ dan ‘الْأَقْصَى’, maupun yang bukan isim tafdhil, seperti: ‘الْأَحْوَى’ dan ‘الْأَعْمَى’.
  9. Jama’ dari muannats-nya ‘أَفْعَلُ’ af’al at-tafdhil, seperti: ‘الدُّنَا’ jama’ dari ‘الدُّنْيَا’ dan ‘الْقُصَا’ jama’ dari ‘الْقُصْوَى’.
  10. Muannats-nya ‘أَفْعَلُ’ af’al at-tafdhil baik yang shahih akhir maupun yang mu’tall, seperti: ‘الْحُسْنَى’, ‘الْفُضْلَى’, ‘الدُّنْيَا’, dan ‘الْقُصْوَى’ yang mana mudzakkarnya adalah ‘الْأَحْسَنُ’, ‘الْأَفْضَلُ’, ‘الْأَدْنَى’ dan ‘الْأَقْصَى’.
Isim Maqshur Sama’iy (الْإِسْمُ الْمَقْصُوْرُ السَّمَاعِيُّ)

Isim maqshur sama’iy tidak diqiyaskan sehingga jumlahnya hanya terbatas pada yang sudah ditetapkan dalam bahasa Arab, contohnya yaitu:

الْفَتَى

pemuda

الْحِجَا

akal

الثَّرَى

Tanah yang lembab

السَّنَا

Cahaya petir

الْهُدَى

petunjuk

الرُّحَى

Penggilingan

Isim Mamdud (الْإِسْمُ الْمَمْدُوْدُ)

Isim mamdud adalah isim mu’rob yang diakhiri dengan hamzah, dan huruf sebelumnya alif zaidah.

:نحو

السَّمَاءُ

Langit

الصَّحْرَاءُ

Padang sahara

Apabila ada isim yang diakhiri hamzah dan huruf sebelumnya alif namun bukan zaidah maka tidak bisa disebut sebagai isim mamdud, contohnya seperti: ‘الْمَاءُ’ dan ‘الدَّاءُ’. Karena alif pada dua contoh tadi munqalabah (sudah diganti), asalnya yaitu ‘مَوَء’ dan ‘دَوَء’. Hal ini bisa dilihat dari bentuk jama’nya yakni ‘الْأَمْوَاءُ’ dan ‘الْأَدْوَاءُ’.

Hamzah pada Isim Mamdud

Hamzah pada isim mamdud bervariatif bila dilihat dari pembentukannya. Secara garis besar, hamzah pada isim mamdud dapat dibedakan menjadi 3 macam:

  1. Asli

Ada yang asli dari asalnya sudah berupa hamzah, seperti: ‘قُرَّاءٌ’ (asalnya yaitu ‘قَرَأَ’) dan ‘وُضَّاءٌ’ (asalnya yaitu ‘وَضُؤَ’).

  1. Mubdalah

Terdapat pula hamzah pada isim mamdud bersifat mubdalah (pergantian) dari huruf wawu dan  ya’.

Contohnya seperti hamzah pada ‘سَمَاءٌ’  dan ‘عَدَاءٌ’ yang merupakan mubdalah dari wawu, asalnya yakni ‘سَمَاءٌ’ dan ‘عَدَاءٌ’. Karena keduanya ditashrif dari ‘سَمَا – يَسْمُوْ’ dan ‘عَدَا – يَعْدُوْ’.

Contoh yang lain adalah hamzah pada ‘بِنَاءٌ’ dan ‘مَشَاءٌ’ yang merupakan mubdalah dari ya’, asalnya yakni ‘بِنَايٌ’ dan ‘مَشَايٌ’. Karena keduanya ditashrif dari ‘بَنَى – يَبْنِيْ’ dan ‘مَشَى – يَمْشِيْ’.

  1. Mazidah

Hamzah pada isim mamdud bisa jadi adalah mazidah atau tambahan. Ada hamzah mazidah li at-ta’nits (me-muannats-kan). Contohnya adalah ‘حَسْنَاءُ’ dan ‘حَمْرَاءُ’, karena keduanya berasal dari ‘حُسْنٌ’ dan ‘حُمْرَةٌ’.

Ada pula hamzah yang mazidah li al-ilhaq (menyamakan). Contohnya adalah ‘حِرْبَاءُ’ dan ‘قُوْبَاءُ’.

Dua Macam Isim Mamdud: Qiyasiy dan Sama’iy

Isim mamdud juga dibagi menjadi dua macam, yakni: Qiyasiy dan Sama’iy.

Isim Mamdud Qiyasiy (الْإِسْمُ الْمَمْدُوْدُ الْقِيَاسِيُّ)

Isim mamdud qiyasiy terdiri dari isim-isim yang mu’tall akhir dan berada di 7 tempat, antara lain:

  1. Mashdar fiil mazid yang diawali dengan hamzah, seperti: ‘إِيْتَاءٌ’ (dari آتَى – يُؤْتِيْ), ‘إِعْطَاءٌ’ (dari أَعْطَي – يُعْطِيْ), ‘انْجِلَاءٌ’ (dari انْجَلَى – يَنْجَلِيْ), ‘ارْعِوَاءٌ’ (dari ارْعَوَى – يَرْعَوِيْ), ‘ارْتِئَاءٌ’ (dari ارْتَأَى – يَرْتَئِيْ), dan ‘اسْتِقْصَاءٌ’ (dari اسْتَقْصَى – يَسْتَقْصِي).
  2. Isim yang menunjukkan makna ‘suara’ berupa mashdar dari fiil berwazan ‘فَعَلَ – يَفْعُلُ’. Seperti ‘رَغَاءٌ’ (melenguh – suara sapi) dan ‘ثُغَاءٌ’ (mengembik – suara kambing). Kedua masshdar tersebut berasal dari ‘رَغَا – يَرْغُوْ’ dan ‘ثَغَا – يَثْغُوْ’.
  3. Mashdar yang mengikuti wazan ‘فِعَالٌ’ untuk fiil berwazan ‘فَاعَلَ’. Seperti ‘وِلَاءٌ’ (dari fiil ‘وَالَى’), ‘عِدَاءٌ’ (dari fiil ‘عَادَى’), ‘مِرَاءٌ’ (dari fiil ‘مَارَى’), ‘رِئَاءٌ’ (dari fiil ‘رَاءَى’), ‘نِدَاءٌ’ (dari fiil ‘نَادَى’), dan ‘رِمَاءٌ’ (dari fiil ‘رَامَى’).
  4. Isim yang terdiri dari empat huruf yang ketika di-jama’-kan mengikuti wazan ‘أَفْعِلَةٌ’. Seperti: ‘كِسَاءٌ’ (أَكْسِيَةٌ), ‘رِدَاءٌ’ (أَرْدِيَةٌ), ‘غِطَاءٌ’(أَغْطِيَةٌ), dan ‘قِبَاءٌ’ (أَقْبِيَةٌ).
  5. Mashdar berwazan ‘تَفْعَالٌ’ dan ‘تِفْعَالٌ’, seperti: ‘تَعْدَاءٌ/تِعْدَاءٌ’dan ‘تَمْشَاءٌ/تِمْشَاءٌ’.
  6. Isim mubalaghah berwazan ‘فَعَّالٌ’ atau ‘مِفْعَالٌ’, contohnya seperti: ‘الْعَدَّاءُ’ dan ‘الْمِعْطَاءُ’.
  7. Muannats-nya ‘أَفْعَلُ’ yang bukan isim tafdhil, baik yang shahih akhir seperti: ‘أَحْمَرُ – حَمْرَاءُ’, ‘أَعْرَجَ – عَرْجَاءُ’, dan ‘أَنْجَلُ – نَجْلَاءُ’, maupun yang mu’tall seperti: ‘أَحْوَى – حَوَّاءُ’, ‘أَعْمَى – عَمْيَاءُ’, dan ‘أَلْمَى – لَمْيَاءُ’.
Isim Mamdud Sama’iy (الْإِسْمُ الْمَمْدُوْدُ السَّمَاعِيُّ)

Selain tujuh tempat yang disebutkan di atas isim mamdud berhukum sama’iy yang artinya ia hanyalah kalimah-kalimah yang disebutkan oleh bangsa Arab. Contohnya seperti:

الْفَتَاءُ

kepemudaan

السَّنَاءُ

keluhuran

الْغَنَاءُ

berkecukupan

الثَّرَاءُ

Banyak harta dan kebaikannya

Memendekkan Isim Mamdud dan Memanjangkan Isim Maqshur (قَصْرُ الْمَمْدُوْدِ وَ مَدُّ الْمَقْصُوْرِ)

Bagaimana jika isim mamdud dipendekkan (diqoshor) atau isim maqshur dipanjangkan? Bagaimana hukumnya?

Untuk memendekkan atau men-qashr isim mamdud, hukumnya adalah boleh.

Contohnya yakni sebagai berikut:

دُعَاءٌ

di-qashar menjadi

دُعَا

Sedangkan

صَفْرَاءُ

di-qashar menjadi

صَفْرَا

Adapun untuk memanjangkan isim maqshur dianggap sebagai bahasa yang jelek. Maka akan menjadi jelek jika semisal ‘عَصَا’ dibaca ‘عَصَاءٌ’ dan ‘غِنَى’ dibaca ‘غِنَاءٌ’.

Isim Manqush (الْإِسْمُ الْمَنْقُوْصُ)

Isim manqush adalah isim mu’rob yang diakhiri dengan ya’ tsabitah/lazimah (yang tetap) sedangkan huruf sebelumnya dibaca kasrah.

:نحو

الْقَاضِيْ

الرَّاعِيْ

الْمُرْتَقِيْ

Jika ya’-nya bukan tsabitah maka tidak bisa dinamakan isim manqush.

:نحو

أَحْسِنْ إِلَى أَخِيْكَ

Ya’ pada ‘akhika’ adalah ya’ alamat jarr.

Begitu pula jika huruf sebelum ya’ tidak berharakat kasrah, maka ia tidak termasuk isim manqush.

:نحو

ظَبْيٌ

سَعْيٌ

Ketika isim manqush sepi dari al (ال) dan idlofah maka ya’-nya dibuang dan diganti dengan tanwin

:نحو

حَكَمَ قَاضٍ عَلَى جَانٍ

Seorang qadli (hakim) memutuskan (hukum) atas pelaku kriminal

(‘قَاضٍ’ i’rabnya adalah rofa’ karena menjadi fa’il, alamatnya yaitu dlummah muqaddarah. Sedangkan ‘جَانٍ’ i’rabnya adalah jarr karena kemasukan huruf jarr, alamatnya yaitu kasrah muqaddarah. Tanwin pada ‘قَاضٍ’ dan ‘جَانٍ’ adalah pengganti ya’ yang terbuang. Asal dari keduanya sebelum ya’-nya dibuang adalah ‘قَاضِيٌ’ dan ‘جَانِيٍ’.)

Adapun jika isim manqush bersama al (ال) atau idlofah maka ya’-nya tetap.

:نحو

حَكَمَ الْقَاضِي عَلَى الْجَانِي

جَاءَ قَاضِي الْقُضَاةِ

Begitu pula jika isim manqush berbentuk tatsniyah, jika demikian maka ya’-nya hadir kembali.

:نحو

قَاضِيَانِ/قَاضِيَيْنِ

Dari segi i’rob, isim manqush mempunyai alamat yang di-taqdir-kan pada i’rob rofa’ dan jarr karena beratnya harakat dlummah dan kasrah. Berbeda dengan harakat fathah yang ringan diucapkan setelah harakat kasrah, sehingga i’rab nashab pada isim manqush jelas (dhohir) menggunakan fathah.

Perbedaan jelas antara i’rob rofa’, nashab, dan jarr pada isim manqush baik yang bersama al (ال) atau tidak bisa dilihat pada contoh di bawah ini.

:نحو

جَاءَ قَاضٍ

جَاءَ الْقَاضِي

رَأَيْتُ قَاضِيًا

رَأَيْتُ الْقَاضِيَ

مَرَرْتُ بِقَاضٍ

مَرَرْتُ بِالْقَاضِي

Tinggalkan Komentar